Kamis, 22 Desember 2011
            Command populer untuk melakukan kloning harddisk pada sistem operasi berbasis linux adalah comand “dd” kepanjangan dari disk dump. Tetapi pada saat ini anda tidak perlu repot lagi menggunakan command line dd di terminal untuk melakukan kloning harddisk pada sistem operasi linux, karena sudah ada aplikasi GUI untuk command dd ini yaitu, Gdiskdump.
Gdiskdump merupakan aplikasi open source dengan menggunakan lisensi GNU GPL V2. Di versi 0.8 ini gdiskdump dilengkapi beberapa fitur baru seperti support file image compression yang akan membuat file image hasil kloning lebih kecil dari pada ukuran sebenarnya.
Pada postingan kali ini saya akan sharing cara installasi dan menggunakan aplikasi gdiskdump ini pada sistem operasi linux ubuntu 11.10. Berikut ini adalah langkah-langkah installasi dan menggunakan gdiskdump di Ubuntu 11.10
1. Silahkan download paket .deb nya di alamat ini https://launchpad.net/gdiskdump, atau anda bisa langsung mendownloadnya ke hardisk anda dengan menggunakan perintah berikut di terminal :
wget http://launchpad.net/gdiskdump/trunk/0.8/+download/gdiskdump_0.8-1_all.deb

dd1 Cara Mudah Kloning Harddisk Ubuntu Dengan Gdiskdump 0.8
2. Setelah terdownload ke harddisk anda silahkan install dengan menggunakan perintah berikut ini :
sudo dpkg -i gdiskdump_0.8-1_all.deb
dd2 Cara Mudah Kloning Harddisk Ubuntu Dengan Gdiskdump 0.8
3. Tunggu beberapa saat hingga proses installasi selesai, jika sudah selesai jalankan gdiskdump dengan mengetikkan gdiskdump pada dash.

dd3 Cara Mudah Kloning Harddisk Ubuntu Dengan Gdiskdump 0.8
4. Setelah aplikasi gdiskdump berjalan, silahkan anda pilih Partition pada Select Input Format, kemudian pilih partisi yang akan di kloning, setelah selesai klik Forward
dd4 Cara Mudah Kloning Harddisk Ubuntu Dengan Gdiskdump 0.8
5. Pada Output Format silahkan pilih File, kemudian ketikkan nama file hasil kloningan anda, dan jangan lupa contreng opsi Compress Image File, setelah itu klik Forward
dd6 Cara Mudah Kloning Harddisk Ubuntu Dengan Gdiskdump 0.8
6. Tunggu berapa saat sampai proses kloning selesai.
Bagaimana? mudah bukan cara kloning hardisk di sistem operasi ubuntu, semoga postingan saya kali ini bermanfaat untuk anda semua pengunjung setia blog ini, jangan lupa untuk berkunjung kembali di lain kesempatan.

[Semoga Dengan Postingan ini Wawasan Anda Bertambah]

Sumber : http://numb.web.id/ubuntu/cara-mudah-kloning-harddisk-ubuntu-dengan-gdiskdump-0-8.html

0 komentar: